Celup ikat

Beberapa minggu ini tugas keterampilan di sekolah aku itu soal celup ikat. Makanya awak hari ini mau posting soal celup ikat aja.

Langaung aja awak jelaskan cara-caranya :

  1. Sediakan alat dan bahan yaitu : kain, karet atau benang, pewarna tekstil, cuka, garam dapur, panci, air, adukan.
  2. Pertama, ikat kain sesuai motif yang anda inginkan dengan menggunakan karet atau benang
  3. Panaskan air, pewarna tekstil, garam, dan cuka secukupnya hingga mendidih.
  4. Masukkan kain ke dalam larutan pewarna yang telah mendidih, tunggu hingga warna meresap. Jika menginginkan lebih dari satu warna, atur pembagian warna sesuai yg anda mau
  5. Setelah warna cukup meresap keluarkan kain dari panci, lalu siram kain dengan air dingin.
  6. Jemur, hindari dari cahaya matahari langsung.

Bulan ini aku udah buat beberapa kain menggunakan teknik celup ikat. Check this out :

lumayan. Ya gak? Makanya awak pilih yang ini untuk dikumpul.

Tebaklah berapa nilai awak?? Awak kira bisalah ini 80 ato 85. Rupa-rupanya guru awak ngasinya Cuma 7. Malah, punya kami dianggap lumayan jelek dan dibandingkan sama punya orang dan kesannya punya kami itu jelek. Padahal menurutku punya kami yang lebih bagus. Hehe. Namanya awak yang buat. Yaudahla, terima aja.

Minggu depannya tugas lain lagi, disuru buat seluruh motifnya lengkap. Kami buatlah di kain-kain. Kami kan bertiga satu grup, aku, nisa ama ferli. Jadi kami buat 3orang kali 9 kain, jadi totalnya 27 kain yang terdiri dari 9 motif. Nah, ini salah satu contohnya :

Tapi pas pengumpulan ini awak gak datang. Jadi pas si ferli ama nisa ngumpulin kainnya, orang itu ngabarin aku kalau ternyata… kalau ternyata… punya kami gak diterima, alias ditolak mentah-mentah. Karena menurut beliau seharusnya kami ngerjainnya di baju bukan di potongan-potongan kain kayak gitu. Dan katanya lagi karena motif putihnya kurang jelas. Padahal kami capek kali ngerjainya. Dan kayaknya punya kami udah bisa. Tapi lebih parahnya lagi, kami disuru ngulang.bayangin kata itu aja udah buat kami stress. NGULANG. Huhu. Sampe sekarang belum kami ulang padahal harusnya dikumpul senin 3 hari lagi.

Pas kami ngerjai itu, gagal sekali, kami ulang lagi. Abis tu, awak padahal gak enak badan, tapi awak tetap usaha. Belum lagi karena warna wantexnya salah, aku pigi beli sendirian naek sepeda panas terik, badan menggigil (lha kok panas terik menggigil? Emang ia, awak lagi saket jadi keringat dingin gitu, meriang lagi), macet pula gara-gara ada orang antar penganten. Kurang apalagi usaha kami. Andmy effort finnaly means NOTHING. How dissapointed?!

**

Gak Cuma itu, minggu-minggu ini emang penuh hal putus asa. Dan emang selalu aja artikel blog ini lebih sering tentang keluh kesah dari pada suka cita, karena emang hal-hal mengecewakan itu lebih berkesan dan teringat-ingat selalu, apalagi kalo udah ngingat hal-hal memalukan, bikin jadi malu, gondok, stress, dan bisa jadi tiba-tiba awak jadi banting-banting kaki sendiri gara-gara ingatnya.

Well, hal mengecewakan lainnya adalah nilai ujian fisika aku … WOW. Gak perlu lah disebutkan angkanya. Bikin awak tambah saket ati aja nantinya. Yang pasti kami satu kelas gak ada yang tuntas, paling tinggi nilai 5. Parah. Betapa malunya muka kelas kami sebagai kelas unggulan (katanya…), padahal kelas lain lebih bagus nilainya dengan soal yang sama. Dan kami udah tau penyebabnya, bahwa soal… udah bocor. Karena sepulang ujian, kami ninggalin soal beserta kekecewaan kami beserakan gitu aja di lantai kelas kayak sampah. Mungkin dikutip anak kelas lain. Huhu. Gak bisa disalahkan juga orang itu wong kami yang membiarkan soal-soal tercecer.

**

Anyway, setelah sekian lama mencari waktu yg tepat, akhirnya jadi jugak awak pangkas. Aku minta potong sedagu, tapi malah di atas dagu, dan yang paling parah,,, potongannya itu nggak rata. Ini aja udah aku gunting sendiri dikit-dikit supaya rata. Halah, yang penting sekarang kepalaku udah ringan. Cuma kayaknya, I will never cut my hair in that barbershop anymore. Karena udah jera aku pangkas disitu dua kali, dan dua-duanya gak rata.

Komentar

Postingan Populer