Nilai Matematika

Malam ini awak begitu menggebu-gebu mau posting yang baru. Gak sabar kali mo menumpahkan kegemesan ku hari. Gemeeeeeeees kali lah. Nilai MM awak Alhamdulillah lumayan. 88. Tapi bukannya aku gak bersyukur. Tapi aku gemeees kali, karena sikit lagi aku dapat nilai 100 sebenarnya. Tapi karena kesalahn yang sangat keciiiiiiiiiiiiiiil aja, dikuranginnya banyak kali. Harusnya cepe jadi 88. Miss 12 poin.

Betenya, aku telat kali menyadari kalo itu pantes diprotes. Jadi pas beberapa kawan awak protes, bodohnya aku malah nanya pendapat kawan dulu apakah itu pantes diprotes apa nggak. Mereka bilang gak, "udahla din, syukuri aja apa yang dapet" atau "udahla, gak usah, udah tingginya nilaimu, aht tapi terserahlah". Aduh woi, bukannya aku gak bersyukur, kelen gak ngerti masalahnya aku. Aku syukur kali pun gk remed, tapi karena hamper aja sikit lagi dgn kesalahan yg Cuma sikit aja.

Lewatlah sesi pembagian hasil ujian dan protes2. Jadi pas udah dimulai pelajaran aku gak ada kesempatan lagi lah protes. Niatku pas udah selesai aku mo nanya.

Dan disinilah kesalahan awak :

Prosedur alias langkah-langkah jawaban nomer 4 itu udah benar, tapi begoknya awak itu di hasil akhirnya salah membagikan. masa 6n : 3 = 3n, jelas-jelas 2n. disituuuuuu aja salahnya. Jawaban sebenarnya itu x=2n+86 dan awak jawab x=3n+86 karena silap sikiiiit aja. Kalo aku gak silap ngitung yang terakhir itu dikiiiit aja aku lebih teliti, bisa 100 nilaiku.

Bahkan, awak pas ujian ngasi jawaban ke kawan awak pun kayak gitu kok. Kutulis dikertas untuk dia, bedanya, dikertas aku cuma ngasi tau jalannya aja, hasil akhirnya diitung sendiri, karena waktu udah gak sempet lagi aku nulisinnya. benar dia. wong prosedurnya udh jelas kali kutulis.

Jadi kalo benar nomer 4 itu poinnya 2. Nah karena aku salah dibagian akhirnya itu sikit aja, poinku utk nomer 4 itu jadi tinggal ½, dgn bosan kubilang gar2 kesalahan kecil itu ja. Menurutku udah pantaslah itu poinnya dikasi 1, 1 ½ pun bisa. Wong prosedurnya udah benar, Cuma hasil yg terakhirnya itu aja nya. Huuu uu uuuuuuu.

Kenapa ini terjadi padaku ?!

Akhirnya, begitu selesai pelajaran, awak nunggu2 detik-detik ibu ini keluar ruangan. Gak enak perasaan ku kalo protes di dalam kelas, nanti dianggap kawan awak pula kek gini "is, udh lapan lapan pun nilainya masik protes jugak". Tapi begitu bel, ibu itu masi lama lagi karena ada yg nanya2 n beliau pun ngepack buku-buku dia ke dalam tasnya lagi.

Akhirnya keluar juga dan awak ngikuti dibelakang. Lalu manggil, "buk, buk, buk, saya boleh nanya?". Ibu itu senyum "nanya apa ?". "ini lho buk, nomer 4 ini saya kok ½, kayakmana kalo 1 aja poinnya? Soalnya saya Cuma salah disini ajanya buk silap sikit hasil akhirnya…". Senyum lagi, "aduh nak, kok gak dari tadilah kamu Tanya, lain kali ajalah itu, udah tingginya nilaimu nak, yang lain aja ada yg *piiiip*". Kecewa juga awak dengernya, "gak enak buk", maksud awak sebenarnya gak enak kalo protes tadi pas di kelas. Dan akhirnya nilai awak tetep.

Apakah sebaiknya awak ikuti kata ibu itu utk lain kali aja bahasnya. Padahal awak taunya sebenarnya gak itu maknanya. Tentu aja awak gak mungkin bahas lagi dilain waktu, lebih parah. Masa udah lewat bbrp hari masi ngomongin nilai ujian juga.

Mungkin kalok teman2ku baca posting ini menganggap aku lebay ato apalah. Tapi ketahuilah, biasanya aku gak seperti ini, gak gitu peduli ama nilai. Jarang belajar meski besok ujian, segitu dapat awak ya segitulah, nrimo aja. Tapi kelen gak ngerti, ini lain. Lain ceritanya. Karena soal nomer yang lain aku benar semua, Cuma satu nomer itu yang aku silap dikit aja dibagian akhirnya, dikiiiit aja. walopun emang betol angka 8 ama 9-an itu beda tipis aja. tapii...

Tapi begitupun aku tetep bersyukur kok. Makasi ya Allah nilaiku tuntas. Dan aku mencoba gak membahas ini lagi. Tapi biarkanlah aku menumpahkannya diblog ini agar aku sedikit lega.

Komentar

Postingan Populer