Sleeping While studying in the Class

Semenjak masuk SMA ini lah rasanya aku mulai sering ketiduran pas jam pelajaran di kelas. Padahal waktu SMP itu jarang, bisa dibilang hampir gak pernah. Tapi sekarang, sering kali. Apalagi semenjak naek kelas XI, rasanya seminggu itu barang sekali pasti ada mengalami ketiduran di kelas, biasanya waktu pelajaran biologi dan kimia. Pas pulak pelajarannya di jam-jam terakhir mau pulang.

Mau kurang tidur atau cukup tidur tetep aja sering ketiduran kalok pelajaran itu. Padahal dari awal pelajarannya dimulai, gak ada tanda-tanda rasa ngantuk. Malahan aku mengerahkan seluruh konsentrasi, betul-betul kusimak yang diterangkan guru dengan seksama blogger-emoticon.blogspot.com.

Rasa-rasanya pun ngikuti pelajaran itu gak ada beban gitu, maksudnya, aku gak ngerasa pelajaran itu membosankan atau memuakkan.

Tapi rasa kantuk justru datang perlahan tapi pasti melemaskan semua indra, menutup kesadaran, mengalahkan kontrol sisi pikiran lainnya yang memerintahkan untuk gak tidur. pokoknya rasa kantuknya datang tanpa bisa dikontrol.

Herannya, disaat aku lagi gak mood nyimak, disaat aku Cuma dengerin sekedarnya sambil corat-coret, gambar-gambar manga, aku gak akan ngerasa ngantuk.

Tapi, gak Cuma aku merasa kekgitu. Banyak juga kawan sekelasku yang ngantok pas di kelas.

Rupa-rupanya, pernah aku baca majalah seputar ini, dibuatlah situ judulnya “Narcolepsy” :

“Kalau penderita Insomnia punya masalah dengan kesulitan tidur, maka Narcolepsy justru kebalikannya. Penderita penyakit yang juga disebut dyssomia ini justru bisa tiba-tiba tertidur kapan saja dan dimana saja. Bahkan, saat dia tidak ingin tidur sekalipun. Jadi, seorang narcoleptic bisa saja jatuh tidur pas lagi ngobrol sama kita atau pas lagi di kelas.

Penyebab : Narcolepsy bukan terjadi karena si penderita kekurangan tidur pada malam hari, tapi karena kelainan genetic. Penelitian di Depatremen Ilmu Genetika, Universitas Tokyo, membuktikan bahwa “gen ngantuk” ini terjadi karena variasi gen yang kurang klop dari ortu, lalu diturunkan pada anaknya. Nantinya, paduan gen ini akan menimbulkan enzim yang bikin penderita mendadak tertidur, terutama saat sedang konsen melakukan sesuatu atau karena trigger emosi tertentu. Misalnya habis tertawa, atau saat sedih dan bĂȘte.”

Agak-agak mirip gejalanya kan. Tapi, awak gak yang separah itu lah, sampe langsung tiba-tiba tidor, agak ada muncul rasa kantuknya dulu sikit.

Nah kalo udah gak bisa ketahan lagi, barulah awak pasang pose yang gak pala mencurigakan, gak mungkinlah terang-terangan nampak tidur di mukak guru. Kebetulan karena aku pakek jilbab, kalok aku nunduk akan menyembunyikan mata yg lagi tertutop sambil pasang tangan bertopang dagu, bertopang pipi, ataupun bertopang kuping (hal ini dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan karena ada senderannya). Uooop, jangan lupa, tangan sebelahnya lagi sambil megang pulpen. Jadi seolah-olah lagi nengok ke arah buku, padahal lagi tidor. Hahaha.

Tapi itu cuma salah satu dari jurus tidur di kelas punyaku, aku masi punya gaya andalan laen kalok bosen kayak gitu. Haha. Terkadang, gak papa wajah kita terpampang kalo capek nunduk, gak masalah kalo Cuma kawan-kawan kita yang duduk di angel-angel tertentu Nampak kita lagi pejam, asalkan diset aja jangan sampek

Cumak kadang-kadang tersentak kalok gurunya tiba-tiba ngomong, apalagi kalok mereka udah nyebutin angka, “Nomor Satu…”, uwoooh, masok soal, langsunglah awak tebangun berlagak nules, tapi memang nules sih, tapi sambil tidur. Jadi ginilah tulisan tangan awak sambil tidur di kelas:

Haha, what a truly bad handwriting, right? Anyone can read that?

Padahal aslinya kalok tulisan saya lagi bagus tuh gini :

Tapi, sebelum tidur, aku biasanya ngasi pesan dulu ke teman sebangku, Nisa. “Nis, nanti kalok ibu itu bangkit dari tempat duduk dan curiga ke arah sini, bangunin ya!”. Untunglah dia selalu mengatakan iya. Tapi mau dia bilang ia atopun ngga, tetep aja aku bakal tidor. Hahaha.

Jangan kira awak belom pernah ketangkap basah lagi tidur. Dulu pernah pas kelas X pas kimia. Udah awak duduk paling di depan, di depan guru pula. Dan saking gak tertahankan lagi kantuknya, di depan guru pula aku tidur. Setelah beberapa saat, Pak Silitonga pun sadar kalo aku tertidur, dibangunkannya lah aku, untung beliau gak marah, Cuma ketawa aja, sama bikin lelucon dari kejadian itu yang bikin ketawa orang sekitar.

Berhubung udah pengalaman, kelas XI ini aku agak-agak maen instingnya kalok ada tanda-tanda guru curiga, langsung tersentak meskipun kemudian lanjot lagi tidor.

blogger-emoticon.blogspot.commirip kayak ginilah ilustrasinya.

Kadang pun, pas mata awak udah tinggal 2 watt, trus tiba-tiba guru yang lagi nerangin singgah matanya ke mata awak (guru kan kalo nerangin sambil berdiri, pandangannya menyebar ke murid-murid di kelas), langsung adaptasi jadi 30 watt lagi, terus pas matanya beralih lagi, mataku pun kembali 2 watt, trus pas matanya ke arahku lagi, sesuaikan lagi. Begitu seterusnya, sampek tiba-tiba ada yang ngetok pintu kelas. Alhamdulillah, dalam hati. Langsong meletakkan kepala di atas meja, pejamkan mata.

Bukan apa…blogger-emoticon.blogspot.com this sleepiness is truly uncontrolled by me. It just come out suddenly. I always try to give all attention and all concentration while the teacher’s expalaining, never meant to ignore the teacher. But I don’t know how come it’s supposed to be the reason why I get sleepy.

Komentar

Unknown mengatakan…
haha din
kurasa kalo pas biologi ma kimia itu syndrome yg biasa dialami
aq jg sering ngantuk x pooooooooon
pdhl pelajarannya gg terakhir hahhahahaa

Postingan Populer