osce?

Hari ini adalah OSCE pertamaku. Dimana OSCE itu hanya memiliki 2nilai kemungkinan, kalo gak A, ya E. Gaada yang namanya B, C, D. Bisa aku pastikan aku remed dengan segala kebegoanku tadi. Sebelum-sebelum ini aku sama sekali gak panik, gak kayak kawan-kawanku kebanyakan. Meski aku tau, inilah aku, jarang hebohlah kalo ada apa-apa, slow aja, tapi itulah biasanya hal yang kupikir simple pas hari H nya pasti selalu ada kendala yang tidak terduga, aku memang udah duga kebiasaan ini. Dan benar.

Ntah grogi apa yang menyerangku...Demi kebegoanku, aku yang sudah dengan pasnya melilitkan bladder cuff sfigmomanometer di lengan pasien, dan udah masang stetoskop ke kupingku--siap ngedengerin sistol diastolnya,--dengan cupunya aku gak nyelipin bell stetoskopnya dibawah bladder cuff di atas arteri brachialis, lalu dengan santainya kupompa dan kupompa, lalu tak kudengar apa2-_-'. Aduh kok gak dengaaaar?!@#%& ah, pasti aku lagi budheg. 

Kemudian dengan bijaknya, tanpa pikir panjang aku putuskan mengarang bebas, "Tekanan darah Ibu 110/80, dan ini termasuk normal Bhu <3~". Lalu sang penguji pun dengan senyum mautnya berkata "bell stetoskopnya gak kamu pasang itu, bagaimana kamu bisa tau tekanan darahnya segitu?". Jengg Jengg JEEENGGG *suarafalsesenarbiolaputus*. -_-' batinku pun berteriak "TIDAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAK!!" patutlah gak dengar apa2.

Dan yg gak tahannya muka pasien ecek2nya pun nahan2 senyum gimanaaa gitu. Sedang mukaku ini udah gaktau lagi lah kekmana konyolnya.  Rasanya pingin lenyap. "ngg..ah...uh...mmm... Maaf, Dok". langsung tak pasang ulanglah stetoskop yang udah kubuka tadi ke kuping dan bell ke bladder cuff dan kupompa ulang."grogi ya dek?" dosennya nanya gelik, "iya Dok. maaf".

makin gak konsen. Sekian.

Komentar

riri mengatakan…
osce itu apa sih din?
Dina mengatakan…
objective structured clinical examination Ri, ujian persemester yang menguji skill/keterampilan klinis kita, misalnya cara nanya pasien, ngukur tekanan darah, tes golongan darah, dsb banyak. gitu ri.

Postingan Populer