back to the right track

"in reaching our main goal, we don't realize that we sometimes unintentionally get out of the track, leaving it behind."

ini sebenarnya buat ngingetin aku juga.

contoh: ke kampus ngapain awalnya? mo kuliah kan?, nuntut ilmu supaya jadi orang, sesuai cita2 masing2. Itu tujuan utama kita. Bukannya kita ke kampus buat ngobrol atau main game atau tidur di kelas. Termasuk aku suka kali menyesali diri kalo aku ketiduran di kuliah. Dan meski ini sering, tapi gimana ya, aku datang-masuk kelas-buat tidur. Aku gak bisa terima! Kalo aku mau tidur di rumah aja. Setiap mengantuk dan terbangun aku menyalahkan diri sendiri. Tapi ngantuk ini gak bisa ditahan kali memang. Gak masalah sih kalo sambil tidur itu bisa sambil kuliah dosen masuk ke otak, tapi kan gak bisaaa. aargh. Bahkan terkadang banyak di antara kita sanggup ninggalin tujuan utama kita demi tujuan sampingan kayak organisasi ato kepanitiaan berkedok alasan tanggungjawab dan amanah. Mungkin kita juga perlu meluruskan tanggungjawab ke institusi pendidikan kita dan orangtua dan negara yang udah nyekolahin kita. Tapi itulah memang payahlah memanajemen waktu ini.

contoh lain, seperti misalnya aku ngurangin ngebantuin pekerjaan rumah demi alasan yg disebut dengan sibuk kuliah. Pertamanya aku kuliah buat apa? mau jadi sukses, mau jadi dokter, untuk apa? Secara salah satu alasanku adalah untuk membahagiakan orangtua, harusnya aku tetap sejalan di jalur itu sambil mencapai kesuksesan akademisnya. Bukannya kayak aku menolak membantu cuci piring disaat mau ujian, menolak bantuin tugas kantornya, ngurangin ngurusin adik. Kalo cara belajar kita bener, ngatur waktunya bener, mustinya kita gak akan harus pelit waktu dikit doang buat tetep menjalankan tugas-tugas kayak gituhuhu.

Komentar

Postingan Populer