Wilujeng Sumping

Tiba saatnya aku menceritakan perjalanan yang kami lakukan dari 31 agustus sampe 4 september lalu. Karena banyak kejadian-kejadian yang cukup sesuatuk -_- Caution ya! Ini panjang, semacam laporan perjalanan 6 hari, di Ms.word sampe 4 halaman, belum termasuk foto.

Kronologisnya begini, bertujuh kami mesen tiket nekat yang take off nya jam 5 pagi (Perginya) dan jam 9 malam (Pulangnya), dimana Kuala Namu itu jauh. Makanya beberapa kami nginep di rumah ina pas tanggal 30 nya. Inilah kalo bobok sama konkawan, tanggal 31 jam 3 dini hari kami bangun tanpa sempat tidur. Abis itu, ntah itu namanya breakfast, ntah dinner, kami makan nasi. Trus cus lah ke Kuala Namu. Kami cuma tidur di pesawat inipun mungkin karena seat kami misah-misah. Pertama kali sholat subuh di pesawat. Tibalah kami di Husein Sastranegara. Sambil bediri-diri kami nunggu dijemput panitia. Dan dimulailah hari pertama..

*Day 1

Nyampe hotel, dikasi kamar sementara masih gabung sama temen se-universitas. Sementara briefingnya aja jam 4 sore dan registrasi ulangnya malem-malem, dan pembukaannya besoknya. Karena memang masih lama, abis mandi jam 10an bertujuh kami cabut jalan-jalan, pamit ama panitia bilangnya cari makan di sekitar hotel. Padahal PVJ-Pasar Baru-Jl.Riau habis kami bante 1 hari -_- naik angkot. Di PVJ, makan di Javana Bistro, hari pertama udah tumpur wkwk. Di pasar baru, ini rekomendasi dari internet dan mamake yang nitip dibelikan telekung, sebentar aja. Kirain apa, rupanya sama aja kek Petisah, versi lebih murah sikit keknya. Di jalan Riau, pada beli baju di FO ama beli T-shirt oleh-oleh.  Cerita pulang ke hotel jadi seru dengan peristiwa ke-sa-sar. Perlu aku simpulkan bahwa tukang angkot di Bandung itu PHP. Kata sopir ama penumpangnya gaada angkot langsung ke Pasirkaliki (lokasi hotel). Kami naik aja, terserah dia mau nurunkan dimana untuk nunggu angkot selanjutnya. Tapi berhubung kayaknya dia juga gatau mau nurunkan dimana, dia pun nawarin nganterin langsung pas penumpangnya selain kami tinggal satu lagi yang belum turun, dengan syarat ongkos didobel kayak nyambung angkot 2x. Dan apa yang terjadi? Sampe magrib selesai kami dibawa muter-muter sama sopir berlogat Sunda campur Kebumen--yang ternyata baru 1tahun di Bandung--dan kayaknya belum hafal jalanan Bandung selain jalur trayeknya sendiri--ini -_-. Sukajadi itu tah berapa kali kami lewati, awalnya kami kira Cuma 1puteran aja kesasarnya. Tapi kok lewat ini lagi, lewat ini lagi, lewat ini lagi. Hasan Sadikin aja adalah 4x kami lewati. Setiap kami ambil jalan, ntah kenapa baleknya kesitu-situ lagi. Udah agak deket emang, tapi dia gatau cara mencapai si Jalan Pasirkaliki ini, -_-“. Mana pada ga bisa liat GMap. Hadeeeeh kalo ingat ini gataulah, mau turun, tanggung. Mau gak turun, ga nyangka bisa ampe muterin tempat yang sama 4x. Alasannya sih dia bingung, jalur disitu banyak yang satu arah, mana ada yang pas malam doang berubahnya. Si glen yang nyampe belakangan dari Cianjur dari siang, terus ngsms selama perjalanan kesasar, ngasi tau jln yang bener dikala emang udah hampir ketemu jalannya. Mestinya anak ini ikot, keknya lebih tau dia Bandung dari sopir angkot yang minta tidak diceritakan sebagai alasan ketelatan kami sampai ke hotel karena malu. Maaf, tapi saya mau ceritain di blog ini.

Malem, registrasi, makan, masuk kamar hotel dan bertemu dengan roommate, Swastika dari Unair, Ana dari Trisakti. Dan cape banget nget nget abis kesasar, dan mandi, dan tidur.

*Day 2
Berangkat pagi naik bus ke Jatinangor, Unpad. Mulai dari menapak kaki di depan fk sampe naik ke aula lantai 3 bejejer panitia pada bilang “wilujeng sumping” (selamat datang). Di sinilah prosesi pembukaan, terus dibagi-bagi tim FGD campuran ama delegasi univ lain biar makin kenal. Abis denger-denger kata sambutan yang banyak itu, ada workshop pengenalan budaya Sunda. Pilihannya ada 3, kalo ga angklung, wayang, atau tari. Tiap orang cuman bisa ikut satu. Aku dapat wayang dan bisa dibawa pulang.

Abis itu, tour de Unpad. Ternyata kampus ini memfasilitasi wisata dalam kampusnya dengan odong-odong, unik. Ada beberapa tempat bagus yang aku lupa namanya.

Lanjut, workshop poster.
Makan malem masi di jatinangor, ngaliwet, dilanjutkan sharing lembaga ilmiah kampus. Dari mana-mana presentasilah tentang UKM Penelitian di kampusnya. Pulang ke hotel, tepar.

Suasana sarapan di hotel Guci

workshop wayang goleng
delegasi dari Medan
ngaliwet bareng FGD 6

*Day 3
Aku kira bakal jauh-jauhan ke Jatinangor lagi, Alhamdulillah ke gedung eijckman fk unpad yang masih di Bandungnya. Simak-simak symposium tentang filariasis yang masih endemic di Indonesia khususnya Jabar dan kota-kota berawalan B, Bandung, Bekasi, Bogor. Symposiumnya aku suka, ada pembicara dari kemenkes segala.

Abis itu diumumkanlah semifinalis  LKTI-GT,dan kak grace-bg nael cs masuk nominasi dan mereka presentasi.

Malamnya di hotel, gala dinner. Banyak yang saltum karena sebelumnya ga diinfoin panitia ada gala dinner dan mesti bawa dress (hckd-.-). Meski aku saltum dengan rok dan kemeja kotak-kotak, aku tetap menikmati makan malamnya dengan seksama (=dengan lapar). Di sini belajar table manner kali. Harus begini-begitu, tata kramanya blablabla. Disini diumumin nominasi video. Kaga masuk. Wkwkwk. Wajarlah video lawak-lawak aja sih.
suasana simposium di eijckman

gala dinner

*Day 4
Diantara kami bertiga sekamar, aku selalu mandi terakhir. Dulu juga selalu gitu. Abis dingin kali jadi masih pengen gulung-gulung di selimut dulu. Alhamdulillah sih bangunnya masih pas, gak telat-telat kayak biasa. Aku udah wanti-wanti kali bakal tebawak kebiasaan buruk liburan, bisa ditinggal aku. Dulu waktu SMP, nginep di Papandayan juga gitu, kalo gak diketok temen setimku dari kamar lain yang udah rapi--yang mau balikin sajadah, sedangkan aku masih pake piyama kucek-kucek mata buka pintu,--mungkin aku akan ditinggal, wong temen sekamarku aja ninggalin aku. Di Sentul dimana-mana juga gitu, terakhir bangun, terakhir mandi pokoknya T.T
Balik lagi ke Bandung, masih ke eijckman. Karena tim pmc kami diumumkan masuk 10 besar finalis, kami pun presentasi. Setidaknya ppt yang berhari-hari kupersiapkan di Medan dipresentasikan, kepake. Deg-degan kali cuy. Jurinya kritis. Pertanyaan tajam dan ada yang terkesan rada galak.
Abis ishoma, ada agenda perumusan deklarasi UKM penelitian fk Indonesia. Saatnya kami cabut dan melakukan city tour mandiri illegal. Sempat tertangkap gerak-geriknya sih sama panitia, “mau kemana teh?”. Ngeles dikit karena gak enak dan ilegal, terus aku sama Vien cari jalan lain yang ga ada panitia nongkrong. Banyak yang ada label Exit tapi dikunci, ada yang exit tapi dibuka, eh kantor -_-. Tapi akhirnya ketemulah satu jalan keluar dari sisi lain gedung itu. Yang cabut ada aku, vien, fannie, glen, deasy. Dinbur ama ina mau ikut, tapi dinbur takut karma, srf 2014 dia jadi LO, dia takut kualat menerima peserta yang tabiatnya kayak kami pas dia jadi panitia nanti. Sekeluar dari gedung itu tujuan kami pertama memuaskan fannie yang ngidam es campur pak oyen-apa-kalo-ga-salah yang udah dibeternya dari hari pertama lewat. Ditambah ibu-ibu di angkot merekomendasikan pula, makinlah fannie mentargetkan sebelum pulang dia harus kesitu. Padahal di Medan pun banyak depan kampus -_-. Sama-sama enak sih, tapi ada yang beda. Kami mereka pun ngompas si fannie lah untuk traktir karena dia yg ngidam dan dia pun baru ultah. Akhirnya dia membayari kami. Destinasi selanjutnya kami bingung mau kemana. Orang itu memutuskan ke ITB entah mau ngapain. Karna tak kuasa balik lagi ke Eijckman sendiri, aku terpaksa ikut mereka. Ditinjau dari waktu pun nanggung ke tempat lain. Sorenya kami balik ke Eijckman. Agendanya free time bersama LO. Destinasi beda-beda. Kami sama guide kali ini dibawa ke ciwalk, makanlah kami di Kiosk. Taulah rame-rame, mesennya aja 1 jam, makannya sebentar. Poto-poto, balik ke hotel. Lanjut agenda rapat nasional (bisa dibilang) tentang pmc yang kepilih dan institusi-institusi mana yang mau jadi center penelitian yang proposalnya juara di pmc ini sampe tengah malem.

Makan malam di kiosk ciwalk, kiri-kanan: aku, glen, deasy
sama

*day 5
Ke Eijckman lagi, ikut workshop, lagi-lagi ada pilihannya. Kali ini aku milih paper writing. Meskipun yang diterangin malah publication writing, tapi cukup nambah pengetahuan baru.  Abis ishoma, city tour ke de Ranch, Lembang. Ini kandang kuda hehe. Poto-poto, games 23 septemberan (soalnya mirip games 17an), menikmati alam adalah kegiatan kami selama disitu. Ada juga yang naik kuda, aku enggak mau. Di games, aku berpartisipasi makan kerupuk dan lari goni. Ada games tropical bulaga yang mirip eatbulaga, disini unik.
Sorenya balik ke Eijckman buat ikut Farewell party malemnya.  Disitu pengumuman pemenang. Yang berkesan sih disitu banyak makanan nusantaranya. Bebas nyobain. Aku nyobain sate Bali, mpek-mpeknya kurang pasL, es goyobod, teruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuus, udah itu aja. Eh surabi nya dinaburhan aku cobain juga sesendok, toping eskrim stroberi. Yang gak aku cobain, ada mie aceh, bakso malang, tahuuu apasih-yang-khas-lupa, sate padang, gado-gado, es apa, dll. Gak muat aja ini perut, lagi pula jaimlah. Haha. Setelah selesai, masih ada jatah 1 malem lagi nginep di hotel, walopun sebagian kecil ada yang pulang tengah malem.

roommates, kecuali kak Grace (paling kiri)

*day 6
Dapat dikatakan rentetan acara ini udah berakhir. Tapi kami lanjut jalan-jalan mandiri lagi ke Transtudio. Kalo kata Glen dan Vien sih kami ini vacation-oriented, gak competition-oriented. Wahana pertama 4D. Terus Dunlop yang ga seru, trus yang ada acara transtv nya (lupa nama wahana). Trus wahana Giant Swing, aku kira cuman vertical aja, itupun udah takut dan pengen mundur, cuman dipaksa konkawan tetep ikut, rupanya wahana yang satu ini dahsyat bah. Lemah jantungku dibuatnya. Sukses buat aku teriak-teriak, ngucap-ngucap dan sebenarnya nangis aku selama diombang-ambingkan putaran atas bawah kiri kanan lah. Agak mirip kora-kora di dufan, versi lebih ekstrimnya -___- dan lebih kencang. Pokoknya tobatlah naik ini. Fannie ama andri mereka mau-mau aja bah nyoba ini lagi-lagi. Tahlah gak ngerti Sherina bang nengok orangtu.

Trus ke wahana science, disini bagus, pengennya lebih lama lagi disini krn belum tebaca semua. Yang berkesan, kami ngabisin waktu mecahin teka-teki lepasin simpul tali dari simpulan yang rumit, dan ternyata Ina paling jago. Susah lo. Yang lain-lain ke special effect, dunia lain yang menurutku gak seram tapi sukses membuat fannie teriak-teriak dan cakar-cakar si Andri yang beruntung berada disamping fannie wkwk. Bahkan aku masuk ke Bolang yang ga penting-_- Trus itu ikut yang manjat-manjat kayak outbond, tapi ini inbound. Trus main Pirates apa-kalo-ga-salah yang naik perahu terus ada gua dan perosotan tajam di air. Itu aja kayaknya.

Keluar dari situ, kami mereka makan di TSB mall. Pulangnya, tepat di depan TSB, terjadilah peristiwa itu. Dompetku hilang. Dapat dikatakan ini karna kemalasanku melepaskan ransel dan memastikan sendiri dompet itu masuk dengan pas di tasku. Aku sadarnya pas udah jauh ninggalin TSB, pas udah di gerai Kartika Sari mau beli oleh-oleh gaada duit. Taulah isi dompetkan, duit 300ribu dan segala kartu. Langsunglah blokir atm. Abis mewek-mewek kesel,pas mau ninggalin hotel untuk ke bandara, masuklah telepon ana yang mengatakan seseorang menghubungi dia menanyakan apakah ana kenal aku dan dia menemukan dompetku. Aku pun menghubungi orang itu. Betapa jujur, kalo di Medan, 90% probabilitas dompetku gak bakal balik kayaknya. Tapi karna kata glen dan temen2 yang lain ga cukup waktu untuk jemput dompet itu karna bisa ketinggalan pesawat, kuminta dia tolong kirimkan ke Medan. Untuk check in di bandara untung masik tepegang ktm ku sama si fannie. Oleh-oleh aku beli di bandara setelah aku agak tenang mengetahui yang nemu dompetku kemungkinan orang baik. Tapi sampai saat ini dia belum ada waktu untuk ngirimin T.T Kelihatannya memang ada iktikat baik kok dari abang ini ngirimin dompetnya, tapi dia memang sibuk kayaknya, sering keluar kota juga. Pernah kutanya kemungkinan si Putri dimintai tolong jemput ke abang ini biar Putri aja yang ngirim ke Medan, tapi putri katanya ga berani dan males berurusan sama orang tak dikenal T.T padahal kayaknya daerah kos putri mungkin dekat abang ini. Sampe sekarang aku masih berdoa dan menunggu kiriman abang ini benar-benar sampe.