5 minggu berkoas (panjang, gak usah dibaca!)


Aku masuk koas pertama kali langsung masuk ke stase ilmu penyakit dalam (interna) duluan. Interna ini stase terlama selama koas, yakni selama 12 minggu. Dan taulah interna ini luas kali bidangnya, mateklah koasnya bingung mo belajar yg mana duluan banyak kali hehe. Banyak pendapat stase terberat adalah stase interna dan stase anak. Mungkin karena jadwalnya padat. Setiap hari Senin-Jumat WH (wajib hadir) pukul 6.30 pagi, dalam setiap minggu bergilir jadwal pulang terkadang jam 2, jam 4 atau jam 8 malam, atau jam 2 siang tapi datang lagi jam 8 malam untuk nginap sampe jam 2 besoknya. Pokoknya minimal dalam seminggu 2 kali nginap di RS. And we spend most of the time in the hospital. Bahkan hari libur, hari minggu, tanggal merah,  kami gak libur. Bayangan sebelum koas, keknya koas itu enak juga lah. Liat-liat senior atas keknya seru aja, ketemu pasien langsung, belajar langsung dengan kasus nyata di depan mata, liat akun socmed senior isinya poto-poto keseruan koas, keknya enak. Walaupun udah ada selintingan kabar awalnya memang gak enak.

Kenyataan yang saya rasakan? Kalau jujur ialah capek. Meski terkadang kalau ditanya orang awak jawab aja sekenanya, yah biasa, capek-capek gitulah, semua pun capek, gak enak juga banyak-banyak ngeluh sama orang yang gak pala dekat. Tapi sesungguhnya, minggu pertama dan kedua adalah minggu terberat sampe rasanya gak sanggop. Perasaanku waktu itu sangat buruk. Setiap hari pegel-pegel, kaki rasanya kempor, pinggang rasanya mau copot, encok kali. Awak pun agak obsesif kompulsif, seluruh yang ada di badan saya terasa infeksius. Cuci tangan puluhan kali (ini bagus sih). Pertama-tama kalo pulang ke rumah walaupun capek berat yang kulakukan pertama kali bukannya duduk atau selonjor, melainkan langsung ke tempat cuci pakaian, menanggalkannya dan merendamnya langsung dengan Rinso, lalu mandi, lalu tepar. Kadang kalo ingat sebelum tepar, ya makan. Ke yang nyuci pun kubilang, “Ini dari RS yen, ember rendamannya jangan dicampur sama pakaian lain ya, rinsonya juga tolong di-double-strength ya”|”apa din? Maksudnya?”|”maksudnya, sabunnya banyaknya agak extra, banyak tuh kuman resisten antibiotik dari RS|Ha?”. Rasanya takut bawa oleh-oleh kuman ke rumah. Mungkin agak lebay. 
Tepar gak tanggung-tanggung, begitu tergeletak langsung tidur, baik itu pulang jam 2 siang atau jam 8 malam, gak sentuh lain-lain lagi. Misal pulang jam 2, jam 4 udah bersih dan mulai tidur sampe besoknya. Hari pertama tidur di rumah, terbangun setiap jam (kayak yang terjadi hampir setiap ujian blok dulu kalo slide powerpoint yang kubaca belum selesai). Padahal menurutku kebutuhan tidurku itu termasuk tinggi. Jadi aku tipenya harus tidur banyak-banyak gitu, sementara di satu sisi aku kepikiran banyak hal, kepikiran belum belajar ini itu, kepikiran ke-hectic-an RS, terbayang-bayang wajah pasien yang menderita terutama yang abis kufolket (follow ketat), kepikiran gimana nih besok capek lagi, kepikiran waktu istirahat ini bakal cepat berlalu kok bentar kali, aku sangat cemas akan hari esok yang memberatkan. 

Minggu-minggu pertama itu benar-benar sesuatu lah, makan pun antara gak selera dengan gak sempat, sistem pencernaan terhambat, gak bisa buang air kalo di RS, even sempat sekali nangis bombay pas shower-an wkwk. Yang paling parah sih, minggu pertama aku gak bisa ketawa. Trus tapi hikmahnya aku makin menghargai orang-orang yang ada disini, karena kurasa gak mudahlah kan. Menghargai para dokter, para PPDS, yang pastinya lebih berat lagi buat mereka, sambil aku pun heran kalo susah kekgini kok mau-maunya mereka-mereka lanjut sekolah terus, aku sih cukup sekian dan terimakasih. Bahkan aku terheran dan malah makin stres ngeliat minggu atas (grup lain yang sudah duluan masuk interna) bisa ketawa lepas. Aku cuman mikir, kok mereka bisa ketawa, apa cuman aku yang stres, apa cuma aku yang merasakan kekgini, kalo iya parah kali bah. 

Aku juga mulai berpikir kenapa aku harus capek-capek kayak gini, Fatin x-factor aja enak kali bisa kerjanya nyanyi-nyanyi, ceria-ceria trus dapat duit, banyak pula. Pak Bondan dll sedap kali kutengok bisa jalan-jalan ke restoran-restoran, icip-icip makanan maknyos, keliling dunia dibayarin tv, trus digaji pula. Trus teringat teman-teman lama, enak kali, ada yang satu-dua tahun kuliah aja udah kerja, udah punya penghasilan sendiri, ada yang baru tamat, ada yang lagi magang, ada yang ikut-ikut kegiatan ke luar negeri, ke Asia, ke Eropa, ada yang masih skripsi juga sih. Kenapa saya harus melewati kesusahan seperti ini? Sebenarnya senior-senior udah pada bilang sih masa-masa awal itu memang terasa berat kali dan mereka yang cewek juga beberapa ngaku sempat nangis, tapi walaupun udah dengar ceritanya, gak terantisipasi juga rasa susah dan keluh kesah awak. Teman-teman awak yang lain pun juga merasakan yang sama. Tapi ntah kenapa aku merasa kadar yang kurasakan agak sedikit lebih tinggi daripada mereka. Mungkin aku agak lebay. Bisa jadi cuma perasaanku aja, bisa jadi memang iya. Pernah waktu itu, karena aku merasa kok aku kalo pulang ke rumah, udahlah waktu di rumah cuma sikit, tidur terus pula aja, gak belajar-belajar. Jadi aku minum kopi niatnya mau belajar. Terus jadinya aku tetap tidur, tapi sebentar aja, trus bangun-bangun jadi hoyong, stres, berdebar-debar dan cemas parah, perut kembung, lembek kali lah mental.
Nampaknya aku agak manja juga, lemah dan ambang stress ku agak rendah -..- terus kesannya suka ngeluh kali lah ya aku ini? Bodo amatlah. Kalo iya emang kenapa. Inilah kenyataannya yang kurasakan. Kepada blog ini sajalah aku menumpahkan yang sejujurnya. Wkwk. Cerita sama orang, males juga kayaknya dengernya kalo sepanjang ini. Males baca orang ngeluh, ya wis sana.
Trus keknya udah ada 8 orang senior yang lagi di stase atas bilang “stase terenak di stase bawah itu stase interna, banyak belajarnya, dll”. Tambah lagi lah satu sress ku, kalo kekgini aja udah terenak, macam mana yang selanjutnya, 1 tahun 10 bulan lagi. Koas ini masih panjang... yang 12 minggu ini ajalah dulu, cepat-capatlah berlalu..

Yang bikin aku tetap berdiri tegak palingan adalah doa dan semangat dari orangtua serta rasa kebersamaan dengan teman-teman seperjuangan, bahwa kita sama-sama, gak sendirian. Ceilah, wkwkwk. Apalagi pas bapakku bilang “memang begitu. Kalau mau sukses, harus melewati hal-hal berat dulu. Semua pun gitu. Ini semua prosesnya”.  Disitu awak sadar, mau jadi apapun kalo mau berhasil harus kerja keras dulu, harus susah payah dulu (walaupun gak semuanya sih sebenarnya, tapi sebagian besarlah harus kekgitu). Mau jadi pengusaha pun, pertama-tamanya bukan gak pontang-panting dulu, harus kerja extra keras pas awal membangun usaha. Mau jadi polisi/tentara bukan gak capek latihan fisik dan mental harus betul-betul kuat dan berat sejak jadi prajurit, pasti berat kali. Karyawan, dari magang dsb proses masuk ke dunia kerja bukan langsung enak juga. Jadilah awak terus maju. Fatin X-factor pun mungkin dulu frustasi juga waktu nunggu antrian audisi. Bahkan regina Indonesian Idol pernah gagal audisi beberapa kali. loh?

Sekarang...
aku udah lumayan terbiasa. Pikiran-pikiran buruk udah sirna. Cemas-cemas gak jelas udah punah. Bahkan aku heran sendiri kenapa dulu aku sempat rada memble terharu gitu. Aku sekarang cenderung mulai menikmati. Aku udah bisa dan sering ketawa terbahak-bahak.  Selera makanku cukup baik dan memang kujaga cukup teratur (gak mau jatuh sakit, stase interna gak datang 1 hari gantinya ulangi 1minggu). Koas lain sampe turun berat badan 4-5 kg, aku cuma turun 1kg. Dan memang betul banyak ilmu yang bisa didapat disini. Tapi aku agak takut juga, takut ngelewati stase ini begitu aja tapi ngehirup ilmunya masih kurang maksimal. Bisa jadi betul juga kata seniorku itu, “12 minggu di interna itu nanti gak terasa itu dek, cepat itu sebenarnya”. Iya juga sih, 12 minggu pun keknya belum cukup untuk mempelajari semuanya. Mungkin aku udah ngerti kenapa orang-orang mau lanjut sekolah spesialis ini.
Hari kemarin itu, semua, tadi, adalah proses adaptasi.

Malah ada sewaktu-waktu aku pengen joget. Kemaren!
Soalnya waktu kekurangan perawat siswa, udah 3x aku hampir dimanfaatkan, diminta dorong pasien ke bagian radiologi, tapi semuanya batal. wkwk.
"Janganlah suru yang cewek, yang cowok aja"
"Dorongkanlah dulu dek pasien ini. Adek ini gak bisa nanti dia, soalnya dia kan perempuan, susah nanti"
"Gak bisa Dok koas yang dorongkan pasien, ini tugas perawat, nanti kena marah lagi kami. Panggil aja perawat lain ya Dok"
"Gak perlu lagi ikut koasnya, kan udah diantar sama perawat."
menerima ucapan-ucapan kekgitu beriringan dalam 1 hari dikala awak udah hampir gerak mau dorong dan tapi akhirnya gak jadi, agak terasa lucu dan menggelitik aja sih. Haha.


Komentar

Postingan Populer